Sunday, February 14, 2016

PENDAFTARAN MAPK SOLO 2016



DISAIN KURIKULUM
Program Khusus (PK) merupakan salah satu program unggulan MAN 1 Surakarta. Dahulu,  program ini dikenal dengan nama MAPK atau MAKN, yang didesain untuk menyiapkan untuk menyiapkan dan mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah dan memiliki keahlian di bidang keilmuan Islam. Selain itu, program ini juga bertujuan membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk dapat menggali potensi serta mengembangkan diri sebagai kader ulama dan intelektual muslim yang berwawasan global serta menguasai teknologi informasi dan komunikas
Desain kurikulum Program Khusus ini meliputi 70% ilmu-ilmu agama dan 30% ilmu-ilmu umum. Setiap lulusan program ini ditargetkan memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif, mampu membaca kitab kuning dan berbagai literatur Arab maupun Inggris, serta hafal beberapa Juz al-Qur`an (minimal 3 Juz) dan hadis-hadis Nabi.
Pendidikan pada Program Khusus MAN 1 Surakarta diselenggarakan dengan sistem pesantren di bawah bimbingan para Asâtidz lulusan perguruan tinggi Timur Tengah dan pondok pesantren dalam negeri.
Kegiatan pembelajaran pada Program Khusus terdiri dari kegiatan pembelajaran pagi (mengikuti Kurikulum Nasional) dan pembelajaran sore (tutorial pengembangan), dan pembimbingan di asrama untuk malam hari dan ba’da shubuh.(Tahsin, Tadarus, dan Tahfidz al-Qur`an, Latihan Pidato, kegiatan kebahasaan, bimbingan baca kitab,dll.)
Sejak tahun 2015 Program Khusus MAN 1 Surakarta juga membuka program kelas internasional.  Program ini merupakan program penguatan khusunya di bidang bahasa  Inggris melalui kegiatan  Internasional Connecting Class, guru tamu (native speaker), Langguage Camp, penguatan Toefle, dan kunjungan ke sekolah mitra di Luar Negeri.

KEGIATAN PENUNJANG AKADEMIK & PENGEMBANGAN DIRI 
  1. Outing Class atau Observation Class.
  2. Pengembangan Bahasa Arab & Inggris (Native Speaker, rihlah lughawiyah, Arabic & English Club, Arabic/English Camp., dll.) 
  3. Pembinaan Jurnalistik ( Pelatihan Karya Ilmiyah (KIR), Forum Lingkar Pena (FLP), Festival Jurnalistik, Training Jurnalistik, dll) 
  4.  Pelatihan Dakwah ( Muhadharah, Pengajaran TPA, Campaing Dakwah Ramadhan) 
  5.  Pengembangan Bakat Seni ( Firqoh Kaligrafi, Hadrah, Seni Tilawatil Qur’an), Pentas Seni, Pameran Seni, dll) 
  6. Expedition atau Rihlah Istiksyafiyyah 
  7. Bidang Olah Raga: Futsal,  Seni bela diri, dll. 
  8. Pramuka / Kepanduan
      FASILITAS PENUNJANG AKADEMIK
Untuk menyukseskan kegiatan belajar siswa, program ini menyiapkan beberapa fasilitas dan sarana, antara lain:
  1. Ruang kelas dan asrama yang nyaman dan kondusif (wifi area) 
  2. Billingual Area, yang membantu para siswa untuk mempraktekkan percakapan berbahasa Arab dan Inggris. 
  3. Laboratorium Bahasa 
  4. Perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai literatur; Indonesia, Arab dan Inggris. 
  5. Layanan konsultasi masuk ke perguruan tinggi, baik Dalam maupun Luar Negeri.
S    STAF PENGAJAR
Guna menunjang proses pembelajaran, MAPK memiliki Staf Pengajar dan Dewan Asâtidz yang kompeten di bidangnya masing-masing. Saat ini terdapat 8 orang Asâtidz yang merupakan lulusan dari beberapa Universitas ternama di Timur Tengah seperti; Universitas Al-Azhar Mesir, Jâmi’ah Islâmiyyah Madinah dan Universitas Al-Ahqâf Yaman, 10 Asatidz berpendidikan S2 dan 1 ustadz sedang menempuh S3. 
      ALUMNI MAPK SOLO
       Lulusan atau alumni dari Program Khusus MAN 1 Surakarta sudah tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik  di dalam negeri  ma
upun di luar negeri.
Hingga saat ini sudah 162 alumni PK MAN 1 Surakarta yang telah melanjutkan studinya di luar negeri. 133  ke al-Azhar Mesir, 3 orang ke Arab Saudi, 6 ke Yaman, 2 orang ke Syiria, 3 Orang ke Pakistan, 9 ke Sudan,  3 ke India, 1 ke Turki, 1 ke Bangladesh, 1 ke Australia dan 1 ke Amerika. Di samping itu beberapa alumni melanjutkan studi S2 dan S3 di Malaysia, Mesir, Arab Saudi, Maroko, Belanda, Jerman, Perancis, Inggris, Cinna, Jepang  dan Australia. 
           Kiprah para alumni di masyarakat meliputi berbagai bidang, baik sebagai guru, dosen maupun pegiat dakwah.  Sebagian yang lain berkiprah sebagai penulis buku, penerjemah, polisi, tentara Angkatan Udara, diplomat, advokat, LSM, hakim agama, KUA, dan dunia usaha. Di antara alumni MAPK adalah: Dr. Saiful Bahri, Lc., MA., yang berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas al-Azhar Mesir; Habiburrahman el Syirazy (Kang Abik), Novelis ternama penulis Ayat-ayat Cinta; dan, Burhanuddin Muhtadi, seorang pengamat politik. 
             
PERSYARATAN PENDAFTARAN    
  1. Siswa MTs/SMP yang memiliki NISN  (diutamakan siswa MTs/SMP IT) 
  2. Berumur setinggi-tingginya 18 tahun per 1 Juli 2016. 
  3. Menyerahkan Fotocopy raport semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisir.(termasuk raport khusus pelajaran agama (diniyah)/pondok pesantren, jika ada) 
  4. Rata-rata nilai raport minimal  78 
  5. Rata-rata nilai Mapel Bahasa Arab, Qur’an Hadis, Fiqih, & Aqidah Akhlaq minimal 80 (untuk MTs dan SMP yang memiliki nilai agama). Untuk SMP murni rata-rata nilai PAI minimal 85. 
  6. Rata-rata nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 76. 
  7. Surat keterangan sehat dari Dokter. 
  8. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah/madrasah asal. 
  9. Melampirkan sertifikat atau piagam kejuaraan baik di bidang akademik maupun lainnya, dan sertifikat tahfidz  (jika ada). 
  10. Menyerahkan Pas Photo hitam-putih ukuran 3x4 (5 lembar). 
  11. Melampirkan Fotocopy Akte Kelahiran dan Fotocopy Kartu Keluarga. 
  12. Melampirkan persetujuan tertulis dari orang tua untuk bersedia tinggal di asrama selama masa pendidikan. 
  13. Melampirkan No.Hp atau No.Telp rumah.
WAKTU PENDAFTARAN DAN SELEKSI
1.     Gelombang I
Waktu pendaftaran
Waktu pendaftaran  mulai 15 Pebruari  s.d. 11 April 2016
Berkas pendaftaran  diserahkan langsung ke kantor MAN 1 Surakarta atau dikirim via Pos kepada Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Program Keagamaan (PK) MAN 1 Surakarta. Jl. Sumpah Pemuda No. 25, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta. Kode Pos 57136. Pada bagian depan amplop ditulis PPDB PK, dan pada bagian alamat pengirim disertakan no.hp yang bisa dihubungi. 
Pengumuman Seleksi Berkas
Pengumuman hasil seleksi berkas 16 April 2016 via web mansurakarta.sch.id atau sms
Tes Seleksi dan Wawancara
Tes tulis bagi yang lolos seleksi berkas dilaksanakan tanggal 24 April 2016. Sedangkan tes lisan dan wawancara tanggal, 25 dan 26 April 2016.
Materi seleksi meliputi BTA, B.Arab, B. Inggris, PAI dan Matematika.
Pengumuman Final
Pengumuman hasil seleksi gelombang I tanggal 2 Mei 2016 via web mansurakarta.sch.id atau sms
Daftar Ulang
Calon peserta didik yang telah dinyatakan diterima, maka wajib melakukan daftar ulang mulai tanggal 2  sd. 14 Mei 2016.
2.     
         Gelombang II
Gelombang II dibuka jika daya tampung belum terpenuhi pada gelombang I
Waktu pendaftaran
Waktu pendaftaran  mulai 16  s.d. 25 Mei  2016
Pengumuman Seleksi Berkas
Pengumuman hasil seleksi berkas 28 Mei 2016 via web mansurakarta.sch.id atau sms
Tes Seleksi dan Wawancara
Tes tulis bagi yang lolos seleksi berkas dilaksanakan tanggal 2 Juni  2016. Sedangkan tes lisan dan wawancara tanggal, 3 dan 4 Juni 2016.
Materi seleksi meliputi BTA, B.Arab, B. Inggris, PAI dan Matematika.
Pengumuman Final
Pengumuman hasil seleksi gelombang II tanggal 13 Juni 2016 via web mansurakarta.sch.id atau sms
Daftar Ulang
Calon peserta didik yang telah dinyatakan diterima, maka wajib melakukan daftar ulang mulai tanggal 13  sd. 20 Juni 2016



Lain-lain 
Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Ust. Mundzir Fattah, S.Pd.I (0815-6741-468), Ust. Tri Bimo Soewarno, Lc., M.S.I (0856-4034-1980), Ust. M. Luthfil Anshori, Lc., M.Ud (0857-3313-8444).

No comments: