Wednesday, April 12, 2017

Menteri Agama Meninjau Kesiapan Revitalisaisi MAPK Solo

Menteri Agama Republik Indonesia Drs. H. lukman Hakim Syaifudin mengadakan kunjungan singkat ke MAPK Solo di  sela sela agenda pembukaan raker Baznas di Surakarta, untuk meninjau kesiapan program MAPK di MAN 1 Surakarta. Kedatangan meteri agama disambut oleh group hadrah an Nasyim dari santri-santri MAPK Solo.
Dalam kunjungan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut menteri agama dijamu makan siang sambil bincang-bincang santai dengan para guru dan beberapa tamu undangan dari tokoh tokoh sesepuh MAPK Solo dan beberapa alumni. Usai jamuan makan siang menteri agama menandatangani prasasti peresmian Masjid Hadil Iman MAPK Solo dan meninjau pelaksanaan UN CBT. Kunjungan singkat menteri agama diakhiri dengan sesi foto bersama. Usai foto bersama menteri agama melayani beberapa pertanyaan dari awak media yang hadir pada acara tersebut, dan kemudian meninggalkan MAN 1 Surakarta.
MAPK Solo merupakan salah satu MAPK besutan menteri agama Munawir Sadzali yang direvitalisasi yang sempat dihapus oleh kementerian agama. Selain MAN 1 Surakarta ada sembilan madrasah yang ditunjuk sebagai penyelenggara revitalisai MAPK, yaitu MAN 1 Yogyakarta, MAN 1 Jember, MAN Denanyar Jombang, MAN 2 Mataram, MAN 2 Samarinda, MAN 2 Martapura, MAN 3 Makasar, MAN Koto Baru, dan MAN Darussalam Ciamis.
Adanya program revitalisasi MAPK karena ternyata MAPK merupakan model pendidikan yang  yg sangat bagus dan berhasil menelorkan lulusan yang berkualitas. Alumni MAPK telah berkiprah di berbagai bidang. Di bidang pendidikan ratusan alumni MAPK berkiprah sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi umum maupun agama.
MAPK solo sendiri telah meluluskan 23 angkatan dan lebih dari 200 alumni yang melanjutkan pendudikan S1 di Luar Negeri khususnya di Timur Tengah. Dan puluhan alumninya yang melanjutkan S2 dan S3 di luar negeri Baik di Timur Tengah maupun di Barat. 


No comments: