Tuesday, March 13, 2012

PENDAFTARAN SISWA BARU PROGRAM KHUSUS MAN 1 SURAKARTA 2015/2016



SELAYANG PANDANG PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN (MAPK) SOLO

A. Disain Kurikulum

Program Khusus (PK) merupakan salah satu program unggulan MAN 1 Surakarta. Dahulu, program ini dikenal dengan nama MAPK atau MAKN Surakarta. Program ini resmi dibuka pada tahun 1990 oleh Menteri Agama, Munawir Syadzali. Tujuan utama dibukanya program ini adalah untuk menyiapkan dan mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah dan memiliki keahlian di bidang keilmuan Islam. Selain itu, program ini juga bertujuan membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk dapat menggali potensi serta mengembangkan diri sebagai kader ulama dan intelektual muslim yang berwawasan global serta menguasai teknologi informasi dan komunikasi. 
Desain kurikulum Program Khusus ini meliputi 70% ilmu-ilmu agama dan 30% ilmu-ilmu umum. Setiap lulusan program ini diharapkan memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif, guna menghadapi persaingan dunia global yang semakin ketat. Selain itu, para alumnus dari program ini juga ditargetkan mampu membaca kitab kuning dan berbagai literatur Arab maupun Inggris, serta hafal beberapa Juz al-Qur`an (minimal 3 Juz) dan hadis-hadis Nabi. 
Pendidikan pada Program Khusus MAN 1 Surakarta diselenggarakan dengan sistem asrama atau pesantren (Islamic Boarding School) di bawah bimbingan para Asâtidz lulusan Timur Tengah. Sistem pesantren mempermudah pembinaan dan pengembangan potensi dan bakat siswa, baik di bidang akademik, keorganisasian, maupun keterampilan. 
Kegiatan pembelajaran pada Program Khusus terdiri dari kegiatan pembelajaran pagi (mengikuti Kurikulum Nasional) dan pembelajaran sore (pengembangan bahasa Arab, Inggris dan Baca Kitab). Untuk malam hari, semua kegiatan diselenggarakan di asrama, meliputi; Tadarus al-Qur`an, Muhadharah, Tasyji’ Lughah, sorogan Kitab Kuning, jam wajib belajar dan Diskusi Kelompok.

B. KEGIATAN PENUNJANG AKADEMIK
  1. Demi menunjang prestasi akademik peserta didik, Program Khusus ini juga mengadakan beberapa kegiatan, antara lain.
  2. Outing Class atau Observation Class
  3. Pengembangan Bahasa Arab & Inggris (Native Speaker, rihlah lughawiyah language fair, Arabic & English Club, dll.
  4. Pembinaan Jurnalistik ( Pelatihan Karya Ilmiyah (KIR), Forum Lingkar Pena (FLP), Festival  Jurnalistik, Training Jurnalistik, dll.
  5. Pelatihan Dakwah ( Muhadharah, Pengajaran TPA, Campaing Dakwah Ramadhan)
  6. Pengembangan Bakat Seni ( Firqoh Kaligrafi, Hadrah, Seni Tilawatil Qur’an), Pentas Seni, Pameran Seni, dll.
  7. Expedition atau Rihlah Istiksyafiyyah
  8. Pramuka / Kepanduan

C. STAF PENGAJAR

Guna menunjang proses pembelajaran, MAPK memiliki Staf Pengajar dan Dewan Asâtidz yang kompeten di bidangnya masing-masing. Karena Program ini lebih berkonsentrasi pada materi-materi pelajaran agama Islam dan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, MAPK memiliki 8 orang Asâtidz yang merupakan lulusan dari beberapa Universitas ternama di Timur Tengah seperti; Universitas Al-Azhar Mesir, Jâmi’ah Islâmiyyah Madinah dan Universitas Al-Ahqâf Yaman. Selain itu, MAPK memiliki 10 Asatidz berpendidikan S2 dan staf pengajar lain berpendidikan S1 dalam negeri yang kompeten di bidangnya masing-masing.

D. ALUMNI MAPK SOLO

Lulusan atau alumni dari Program Khusus MAN 1 Surakarta sudah tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik Dalam maupun Luar Negeri. Dengan berbekal keilmuan yang mumpuni dan skill yang baik, alumni MAPK tidak hanya berhasil melanjutkan kuliah ke kampus-kampus Islam Negeri saja seperti STAIN, IAIN hingga UIN, serta Universitas Islam Swasta seperti UII, UMS, UNISULA, LIPIA dan lain-lainnya, namun juga berhasil masuk ke beberapa Kampus Umum Negeri ternama seperti UNS, UNY, UGM, Universitas Brawijaya, UI, STAN, UNNES, UNSOED, UNDIP,UNIBRAW. dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga alumni MAPK yang melanjutkan studi ke Institut Seni Indonesia (ISI) baik di Solo maupun Jogja, Akademi Keperawatan, dan lain sebagainya.

Beberapa kampus ternama di Luar Negeri juga menjadi tujuan belajar para alumnus MAPK. Hingga kini, tercatat ada 100 orang lebih yang melanjutkan studinya ke Universitas al-Azhar Mesir, 4 orang di Syiria, 10 orang ke Yaman, 3 ke India, 3 orang ke Pakistan, 2 orang di Kuwait, 12 orang di Sudan, 5 orang ke Maroko, 1 orang ke Tunisia, 5 orang ke Libya, 1 orang ke Bangladesh dan 1 orang ke Turki. Di samping itu, beberapa alumni MAPK melanjutkan studi S2 dan S3 ke berbagai penjuru dunia seperti; Malaysia, China, India, Australia, Mesir, Belanda, Prancis, Inggris, Jerman, hingga Amerika.

Kiprah para alumni MAPK di masyarakat juga sangat membanggakan. Mereka berkiprah di dunia pendidikan baik sebagai guru, dosen maupun pegiat dakwah. Sebagian yang lain berkiprah sebagai penulis buku, penerjemah, polisi, tentara Angkatan Udara, diplomat, advokat, LSM, hakim agama, KUA, dan dunia usaha. Di antara alumni MAPK adalah: Dr. Saiful Bahri, Lc., MA., yang berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas al-Azhar Mesir; Habiburrahman el Syirazy (Kang Abik), Novelis ternama penulis Ayat-ayat Cinta; dan, Burhanuddin Muhtadi, seorang pengamat politik.  

E. PENDAFTARAN SISWA BARU 
Pendaftaran dan seleksi siswa baru dilaksanakan dengan dua jalur :
1. Jalur Penelusuran Prestasi Akademik (PPA)
a. Persyaratan
1). Siswa MTs/SMP IT/SMP Pondok pesantren
2). Berumur setinggi-tingginya 18 tahun
3). Menyerahkan poto copy raport smt 1 s.d. 5 yang telah dilegalisir.
4). Rata-rata Nilai Raport minimal 8.00
5). Rata-rata nilai mapel agama dan bahasa Arab minimal 8.00
6). Rata-rata nilai matematika dan bahasa Inggris minimal 7.00
7). Surat keterangan sehat dari dokter
8). Surat Persetujuan tinggal di pondok dari orang tua.
9). Surak Keterangan kelakuan baik dari sekolah/madrasah asal
10). Pas Photo  ( 3x4 ) 5 lembar
11) Sertifikat kejuaraan baik di bidang akademik maupun seni (jika ada)
12). Melampirkan poto copy akte kelahiran dan KK
b. Penyerahan berkas
Berkas persyaratan dapat diserahkan langsung maupun via pos ke panitia PPDB MAN 1 Surakarta Jl. Sumpah Pemuda No. 25 dengan menuliskan "Program Khusus" pada pojok kanan amplop serta alamat lengkap dan no hp atau telpon rumah yang bisa dihubungi, mulai tanggal 1 Maret sampai tanggal 30 April  2015.
c. Pengumumam Seleksi
    - Pengumuman seleksi administrasi tanggal 7 Mei 2015
    - Ujian wawancara bagi yang lolos administrasi tanggal 11 & 12 Mei 2015
    - Pengumuman hasil seleksi jalur  PPA tanggal 18 Mei 2015

2. Jalur Ujian Tulis
a. Persyaratan
1). Siswa MTs/SMP yang beragama Islam
2). Berumur setinggi-tingginya 18 tahun
3). Poto Copy Ijazah dan SKHUN yang dilegalisir (rangkap 3)
     Jika Ijazah dan SKHUN belum keluar dapat diganti dengan surat keterangan lulus yang dilampiri nilai.
4). Pas Photo ukuran  4 x 3 (5 lembar)
5). Nilai Rata-rata UN minimal 7.00, Bahasa Inggris minimal 7.00 dan matematika minimal 7.00.
6) Bagi peserta dari MTs Nilai Bahasa Arab, Qur'an Hadis, Fiqih & Akidah Akhlak minimal 7.50, dan bagi peserta dari SMP nilai agama minimal 8.00.
7). Surat persetujuan tinggal di pondok dari orang tua.
8). Surat Keterangan Sehat dari dokter.
9). Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah asal
10).Sertifikat prestasi atau kejuaraan jika ada
11). Fotocopy akte kelahiran dan KK
12). Mengikuti tes seleksi dan wawancara.
b. Waktu dan Tempat Pendaftara
1). Waktu Pendaftaran : 18 Mei s.d. 11 Juni 2015
2). Tempat Pendaftaran : Sekretariat Penerimaan Peserta Didik Baru MAN 1 Surakarta , Jl. Sumpah Pemuda NO. 25 Kadipiro, Banjarsari, Solo.
c. Tes seleksi dan wawancara.
1). Tes Lisan BTA, Bahasa Arab dan Inggris serta wawancara minat bakat
     dilaksanakan pada 12 -13 Juni 2015 (Pada saat wawancara harus didampingi
     orang tua)
2). Tes Tertulis Pengetahuan Agama Islam, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Matematika dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2015
3. Pengumuman dan Daftar Ulang
a. Pengumuman hasil seleksi tanggal 22 Juni 2015
b. Daftar Ulang tanggal 22 s.d. 30 Juli 2015
Informasi Lebih lanjut dapat menghubungi :08156741468

No comments: